salju betaburan

Selasa, 23 September 2014

TIPS MENJADI MAHASISWA BARU




                        TIPS MENJADI MAHASISWA BARU

Hari hari pertama masuk kuliah adalah hari yang dinanti nantikan oleh siswa siswi SMA yang baru saja lulus ujisn.Namun saat hal yang dinanti nantikan telah tiba,seringkali dalam diri mereka terjadi perasaan kaget dan asing karena suasana dan metode pembelajaran di kampus ysng jauh berbeda dengan metode pembelajaran di sekolah.
Berikut ini adalah tips sukses menjadi mahasiswa baru:
1.Jadilah Mahasiswa yang Aktif
Sikap aktif dapat ditunjukkan dengan cara menyelesaikan tugas tepat waktu,tidak menyepelekan tugas,datang kuliah tepat waktu,mengajukan diri pada dosen apabila diminta bantuan. Cara atau sikap tersebut akan membuat mental andaterbiasa dengan sikap aktif.
2.Perluas Jaringan Pertemanan
Kenali lingkungan kampus dan perluas jaringan perteanan,mulai dari teman seangkata maupun senior senior. Kita tidak boleh hanya berteman dengan teman satu kelas saja,juga dalam berteman kita tidak boleh memandang SARA(Suku,Agama,Ras,Antar golongan)
3.Dekati Dosen
Kedekatan dengan seorang dosen akan membantu anda dalam perkuliahan,terutama ketika anda masuk masa skripsi dan pasca lulus kuliah.
4.Sering sering ke Perpus
Biasakan diri untuk datang ke perpus,karena di sinilah terdapat berbagai jenis buku yang dijadikan sebagai bahan atau sumber materi yang diajarkan dalam perkuliahan.
5.Aktif Berorganisasi
Ikutilah organisasi organisasi yang ada di kampus. Banyak hal yang kita dapatkan dengan aktif di berbagai kegiatan organisasi yang ada di kampus. Pengalaman bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain dan ilmu lain yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah. Selain bekal intelektual yang anda dapatkan di bangku kuliah,kita juga mempunyai kesempatan untuk aktualisasi diri dan menyalurkan bakat dan minat di dalam organisasi tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar